Rabu, 18 Mei 2011

Test IQ Online Gratis




Kecerdasan intelektual (IQ) berkait dengan keterampilan seseorang menghadapi persoalan teknikal dan intelektual. Jika pendidikan kita mengabaikan aspek keunggulan IQ, sulit bagi Indonesia untuk bersaing dalam bidang sains dan teknologi pada persaingan global.

Anda Ingin tahu kemampuan IQ ( Kecerdasan ) yang ada pada diri kita?

1. Masuk ke 
http://www.quickiqtest.net/indonesian/ (Indonesian adalah sebagai bahasa yang dipilih)
2.Pilih kata “PERMULAAN” yang berada di bawah untuk memulai mengerjakan test nya

3. Ada 15 pertanyaan yang harus diselesaikan, caranya pilih salah satu jawaban yang benar diantara 4 pilihan yang berada dibawah soal.
Mari kita mulai mengerjakannya…..


4. Setelah selesai mengerjakan ke 15 soal, maka akan keluar tampilan, dimana diberitahukan berapa jawaban mu yang dianggap benar.
Bila sudah muncul tampilan berikut, maka klik continue untuk melanjutkan dan mengetahui nilai IQ.
5. Keluarkah nilai IQ dan kategori IQ anda.
Alur Program Web:
Pada tampilan awal soal test IQ ini, tampilannya berupa soal berbentuk gambar,dimana gambar tersebut dipanggil dari sebuah database tertentu yang telah dibuat dan setelah itu gambar dipanggil dan ditampilkan pada sebuah halaman web.


Pada pilihan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut terdapat suatu nilai yang tersimpan, dimana ketika kita menjawab benar atau salah (mengklik jawaban), maka akan ada proses pengiriman nilai tersebut kepada suatu variable tertentu yang digunakan untuk menampung nilai dari hasil akhir, variable yang digunakan hanya satu, yaitu variable X (misal), variable ini digunakan untuk menyimpan nilai jawaban yang benar. Pada setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut, point jawaban yang benar bernilai relative. Contoh: ketika kita menjawab pertanyaan dengan benar, maka nilai 1 akan dikirimkan kepada variable X, dan apabila kita salah, maka akan dikirimkan nilai 0 pada variable X.
Setelah itu, ketika masuk pada pertanyaan berukutnya maka nilai akan terus dikalkulasikan hingga pertanyaan terakhir. Lalu setelah nilai telah disimpan maka program akan melompat ke halaman/soal berikutnya.
Pada pertanyaan kedua dan selanjutnya, web ini membuat halaman baru namun fungsinya sama, hanya saja gambar yang ditampilkan dan sistem penilaian berbeda, halaman yang berbeda terlihat pada link yang berubah seperti berikut:
Soal 1 => http://www.quickiqtest.net/indonesian/firstqid.php
Soal 2 => http://www.quickiqtest.net/indonesian/secondqid.php
. . . .
. . . .
. . . .
Soal 15 =>http://www.quickiqtest.net/indonesian/quiqid.php
Setelah kita melewati semua pertanyaan, maka nilai dari variable X akan ditampung dan kita akan masuk pada halaman yang akan menampilkan point yang kita dapat (variable X) dan menampilkan sebuah form untuk mengisi jenis kelamin dan daerah asal.


*http://www.quickiqtest.net/path/registration.php
Selanjutnya setelah kita memilih menu continue, maka akan masuk ke halaman baru, dimana terdapat jumlah point yang kita dapat sebelumnya dan list dari kategori IQ. List kategori tersebut hanya sebuah gambar yang dipanggil, sehingga menyederhanakan program yang digunakan karena semua kategori sudah termasuk didalamnya, sehingga tidak perlu membuat perhitungan kembali. Dalam halaman ini kita dapat menentukan, dalam kategori manakah kita berada. Contoh: jika point 3, maka akan masuk pada kategori berikut:
*http://www.quickiqtest.net/resultsqen.php
Model perhitungan pada penilaian soal
Dalam soal tes IQ ini, terdapat 15 pertanyaan dengan masing-masing tingkat kesulitan yang berbeda-beda, begitu pula cara penilaiannya. Sistem penilaian terbagi menjadi 3 model, diantaranya yaitu tingkat mudah, tingkat sedang dan tingkat sulit.
a. Tingkat Mudah
Tingkat mudah terdiri dari 5 pertanyaan awal, yaitu soal ke-1 sampai ke-5. Jika user berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maka akan mendapatkan skor 1 (satu) dan jika salah maka akan mendapatkan nilai -1. Maka jika mendapatkan nilai sempurna, user mendapatkan nilai 5 poin.
b. Tingkat Sedang
Tingkat sedang terdiri dari 5 pertanyaan, yaitu antara pertanyaan ke-6 hingga ke-10. Model perhitungannya yaitu jika berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maka akan mendapatkan nilai 1 (satu), sedangkan jika salah hanya akan mendapatkan nilai 0 (nol). Maka jika mendapatkan nilai sempurna pada tingkatan ini akan mendapatkan nilai 5 poin.
c. Tingkat Sulit
Pada tingkatan ini terdiri dari sisa pertanyaan dari soal-soal sebelumnya, yaitu antara soal ke-11 hingga ke-15. Sedangkan untuk model perhitungannya yaitu jika user berhasil menjawab pertanyaan dengan benar maka akan mendapatkan nilai 2 (dua) poin, sedangakan jika salah maka akan mendapatkan nilai 0 (nol). Maka jika berhasil manjawab nilai sempurna, user akan mendapatkan nilai 10.
Dari semua tingkatan yang telah diuraikan, maka jika user berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar, maka akan mendapatkan nilai 20 poin.

Soal ke-
Benar/poin
Salah/poin
1
1
-1
2
1
-1
3
1
-1
4
1
-1
5
1
-1
6
1
0
7
1
0
8
1
0
9
1
0
10
1
0
11
2
0
12
2
0
13
2
0
14
2
0
15
2
0
JUMLAH
20
-5
Tabel Perhitungan Nilai



4 komentar: